Minggu, 04 Desember 2011

Survei : Anak Kedua Favorit Orang Tua

Keluarga Berencana
Sebuah jajak pendapat menemukan, orang tua yang memiliki dua orang anak lebih cenderung memfavoritkan anak bungsu mereka. Sebagian besar waktu orang tua 59 persen, digunakan untuk memanjakan anak kedua dibanding anak sulung mereka.

Secara khusus, ibu dan ayah lebih cenderung berpihak pada anak yang lebih muda saat terjadi pertengkaran, memberi perhatian lebih, dan membiarkan anak memilih cara menghabiskan waktu. Orang tua juga lebih banyak menghabiskan waktu bersama anak kedua.

Anak bungsu dari dua saudara juga mendapat pelukan lebih sering dan orang tua merasa lebih sulit menolak keinginan mereka. Sebanyak 53 persen dari 1.803 orang tua yang disurvei, secara terbuka mengaku merasa lebih dekat dengan anak bungsu mereka.

Lisa Penney, juru bicara bounty.com, yang pelaksana penelitian mengatakan, "Sangat sedikit orang tua bersedia mengakui bahwa mereka memiliki anak favorit, dan meskipun penelitian menunjukkan hal ini terjadi, kami tentu tidak menyarankan orang tua mencintai satu anak lebih daripada yang lain."

Menurut dia, anak yang lebih muda difavoritkan mungkin karena mereka adalah 'bayi' keluarga, lebih menuntut, atau orang tua merasa anak yang lebih muda perlu mendapat perhatian dari saudaranya yang lebih tua. Dua dari tiga orang tua menyatakan yang termuda lebih cenderung memiliki perilaku buruk, suka membual tentang prestasi dan saudara tertua mereka kepada keluarga dan teman.

Meskipun anak sulung sering dinomorduakan, lebih dari setengah orang tua mengaku mereka memiliki ikatan yang lebih kuat dengan anak pertama mereka. Dan 64 persen dari orang tua merasa memiliki lebih banyak kesamaan dengan anak tertua mereka serta lebih mudah untuk berkomunikasi.

Lisa Penney menambahkan,"Penelitian ini menunjukkan bahwa pasti ada manfaat baik anak termuda maupun tertua dalam keluarga."

0 comments:

Posting Komentar

Setelah membaca postingan di atas , jangan lupa meninggalkan comment ya ?